Gerakan menanam pohon


Akhirnya acaranya selesai juga. Hari ini ponakan aku ulang tahun yang ke-10. Meriah banget. Tapi bukan itu yang mo aku tulis. Nggak matching ama judulnya donk…

Menanam pohon yuk...

Menanam pohon yuk…!!!

Nah, sesuai dengan himbauan dari pemerintah untuk menanam pohon di lingkungan sekitar kita, ayo kita tanam pohon disekitar kita. Tapi awas, jangan cuma kacang keledai eh kedelai kayak si Adit ini. At least ya berbentuk pohon lah…

Cuma gitu doank?

Yupi, cuma nanam 1 pohon aja. Sepele kan? Simple banget kan?

Tapi, coba pikir jika (i said “jika”) 1 pohon ukuran sedang bisa convert 1 m3 CO2 menjadi O2, berapa banyak yang dihasilkan oleh 10-15 juta pohon? * pantesan di hutan seger banget D *

Walaupun nggak sebanding dengan polusi yang kita hasilkan, tetapi setidaknya bisa mengurangi. Lebih baik berkurang daripada nggak sama sekali kan?

Apakah ini ada hubungannya dengan global warming?

Menurut beberapa ahli, global warming itu pasti terjadi dan sedang berlangsung. Manusia sekarang hanya “mempercepat prosesnya”. Nah, dengan menanam pohon ini, setidaknya kita bisa memperlambat prosesnya. Semenit dua menit juga ga apa-apa. Namanya juga usaha.

Lagipula, menanam pohon juga bisa dibilang investasi secara ekonomi.

What? Investasi? Gimana ceritanya tuh?

Halah, simple aja. Hari ini kita nanam pohon mangga. 5-10 tahun lagi, mangga itu berbuah. Nah, kalo kita pengen mangga, tinggal petik tuh buah kita sendiri, nggak usah beli, hemat kan? Disamping itu juga bisa jadi tabungan akhirat. Siapa tau aja ada ibu-ibu ngidam pengen mangga. Kita bisa kasi ke ibu itu dengan ikhlas. Jadi amal kan?

Lalu pohon apa sih yang bisa kita tanam?

Semua pohon juga boleh. Mau nangka, beringin, mangga, apel, jambu, akasia, asam, tebu boleh kok. Nggak ada yang ngelarang kita buat nanam apa yang kita mau. Tapi sih, aku saranin yang nggak ribet ngerawatnya, macam mangga, jambu air atau jambu monyet.

Manfaat lain?

Manfaat lain dari menanam pohon di lingkungan kita adalah “green eye therapy”. Yaitu terapi mata dengan melihat tumbuh-tumbuhan hijau untuk mengurangi penyakit mata minus dan kawan-kawannya. Aku pernah liat di TV, kalo nggak salah di acara Oprah Show. Mmm…entahlah, mungkin bisa search di google. * lagi males nih… *

Disamping itu juga ada manfaat ngaco versiku sendiri:

  1. Kalo udah besar pohonnya, bisa untuk tempat penyangga ayunan.D
  2. Kalo di belakang rumah kamu luas dan pohonnya lebat, siapa tahu dilirik produser untuk syuting film horor atau film bersetting jaman kerajaan. ;))
  3. Kalo batangnya cukup besar, bisa buat syuting film india. Adegan yang nyanyi-nyanyi sambil muter-muter. Ini sih adegan kesayangan Dinda. Atau mungkin untuk adegan petak umpet dengan tuan takur.

Don’t be serious…it just joke.

Postingannya jadi OOT dan nggak mutu begini? (emangnya posting yang lain bermutu?) Wes…wes…otakku mulai korslet nih…cukup sekian aja yach. D

Eh..eh bentar…apa tujuan dan hikmah dari gerakan menanam pohon ini?

Mungkin sih…aku bilang mungkin maksudnya pemerintah adalah menyadarkan masyarakat bahwa lingkungan ini adalah tanggung jawab kita bersama. Masyarakat diminta ikut aktif dalam usaha menyelamatkan lingkungan. Gitu kali…!!! Kita minum air dari bumi, makan makanan yang tumbuh di bumi, ya sudah sepantasnya kita ikut merawat bumi ini.

Don’t be ignorant to our environment, please…!!!

3 Komentar

  1. http://ryst.linux-ae.org/nothing/gerakan-menanam-pohon-1-desember/ kok cuma di trackback doank…

    Nggak di backlink???

  2. Weh weh… Link aslinya gak disertakan!!!
    Plagiat kelas tinggi inih!!!😡

  3. KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s